Selasa, 03 Mei 2016

Metode Analysis Event Tree Analysis



  1. Event Tree AnalysisEvent Tree Analysis,


    Adalah teknik analisis untuk mengidentifikasi dan mngevaluasi urutan peristiwa dalam sekenario kecelakaan yang potensial.event tree analysis (ETA) menggunaan strukur pohon logika visual yang dikenal dengan pohon logika.tujuan dari ETA adalah untuk menntukan apakah suatu kejadian akan berkembang menjadi sebuah kecelakaan yang serius atau jika peristiwa tersebut dapat dikndalikan oleh sistem keselamatan dan prosedur yang di tetapkan dalam desain sistem. ETA dapat menghasilkan berbagai kemungkinan hasil keluaran dari sebuah kejadian awal,dan dapat memprediksi kemungkinan terjadinya kecelakaan untuk setiap hasil keluaran.



    Definisi-definisi pada setiap teknik ETA accident scenario,

    Serangkaian kejadian yang ahirnya mengakibatkan kecelakaan.Urutan kejadian di mulai dengan kejadian awal (pemicu) dan biasanya di ikuti oleh satu atau lebih peristiwa penting lainnya yang akhirnya mengarah ke keadaan  akhir yang tidak di inginkan (terjadi sebuah kecelaan).


    Initiating Event (IE),


    Kesalahan atau peristiwa yang tidak diinginkan yang memulai awal dari rangkaian kecelakaan.IE dapat mengakinatkan tergantung pada sukses tidak tidaknya pelaksanaan metode penanggulangan bahaya yang di rancang kedalam sistem.


    Pivital event,

    Peristwa perantara penting yang terjadi antara kejadian awal dan kecelakaan akhir.PE merupakan kejadian gagal maupun sukses dari metode keselamatan yang ditetapkan untuk mencegah IE agar tida mengakibatkan sebuah kecelakaan.jika peristiwa penting bekerja dengan sukes,itu menghentikan kecelakaan sekenario dan disebut sebagai peristiwa meringankan.jika peristiwa penting gagal bekerja,maka sekenario kecelakaan diperbolehkan untuk kemajuan dan disebut sebagai acara memberatkan.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar